Jumat, 04 Agustus 2017

Stimulasi Matematika pada Anak (day 7)

Matching Circles





    Susu kemasan yang biasanya Ilma minum sudah habis. Siang tadi, ia berlari sambil membawa kardus bekas susunya. “Ummi..ayo bikin mainan lagi” sambil menyodorkan kardus itu padaku. Kubalas permintaannya dengan sumringah “Okee…siap solihat”.
    Ketika menyelesaikan “tugas negara di kementrian domestik “ tiba-tiba terlintas ide untuk mengenalkannya pada lingkaran. Sebelum memulai mengeksekusi kardusnya, Ummi mengajak Ilma untuk mengumpulkan beberapa benda dirumah kami yang berbentuk lingkaran. Sambil bercerita dan memberikan penjelasan tentang bentuk lingkaran seperti apa. Ilma pun bersemangat menunjuk tutup botol, tutup toples, tutup gelas, dan aneka tutup-tutupan lainnya, hehe…

Alat dan Bahan : gunting, lem, kardus bekas, aneka benda berbentuk lingkaran


Cara membuat & bermain :
  1. Gambar berbagai macam lingkaran  pada kardus bekas.
  2. Gunting setiap lingkaran
  3. Sisa guntingan (bagian kardus yang bolong) ditempelkan pada kardus yang masih polos.
  4. Sehingga menjadi dasar tempat memasang potongan lingkaran tadi (yang telah digunting sebelumnya)
  5. Supaya lebih variatif, Ummi menempelkan kertas berwarna yang berbeda pada setiap lingkaran yang telah dibuat.
  6. Terakhir, minta anak untuk mencocokkan ukuran / bentuk lingkaran . Minta anak juga untuk memperhatikan warna lingkarannya.


Tujuan Permainan
Menstimulasi belajar matematika pada anak, dengan mengenalkannya pada bentuk LINGKARAN, besar kecil lingkaran, serta memahamkan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari anak kita.
Mengembangkan kognitif anak, dengan mengenalkan bentuk dan berbagai informasi terkait lingkaran. Anak juga belajar mencocokkan warna.


#Tantangan10hari
#level6
#KelasBunsayIip
#IloveMath
#MathAroundUs
#day7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar