Jumat, 25 Agustus 2017

Semua Anak Adalah Bintang (Day 8)

Mengelompokkan Warna Lego


    Beberapa hari ini kami menginap di rumah nenek. Seperti biasa, jika sedang bersantai menikmati sore – Ilma paling senang jika dia aktif main lari-lari. Tak pernah bosan dengan kata lari. Berhubung halaman rumah nenek tidak sebesar energi Ilma sore ini, jadinya Ilma lari berputar-putar halaman seukuran satu mobil kakek.
    

Salah satu peran ibu dalam membersamai tumbuh kembang anaknya adalah harus bisa menyiapkan alternatif kegiatan bagi anak yang memberikan manfaat lebih. Seperti sore ini, Ummi berpikir bagaimana supaya energi Ilma sore ini bisa dibarengi dengan stimulasi aspek perkembangannya yang lain yah? Halaman sempit, namun anak bersemangat untuk lari dan lari.

   Sejenak saya tinggalkan Ilma dan menuju dapur. Bingung jadi mau ngeteh. Tidak sengaja saya menginjak sebuah potongan lego yang dimainkan Ilma sejak siang tadi. “Waah…kenapa tidak memanfaatkan lego ini saja?” pikirku. Sigap, langsung saya kumpulkan sisa lego yang masih berserakan di lantai. Saya masukkan ke dalam tasnya dan angkut ke halaman tempat Ilma berlari.
    Saatnya manfaatkan energi berlebihnmu nak..!
    Semua potongan lego saya keluarkan dari tasnya, dan meminta Ilma untuk mengelompokkan tiap potongan lego sesuai dengan warnanya. Lego saya buat menjadi beberapa kelompok sesuai jumlah warna yang ada. Tugas Ilma adalah berlari mengambil potongan demi potongan dan menyimpan pada kelompok lego yang memiliki warna yang sama sesuai dengan lego yang ilma pegang. So, Ilma akan lari bolak-balik mencocokkan potongan lego yang ia ambil dengan kelompok lego yang ada di depannya. Tugas saya setelah memberi instruksi sederhana adalah bersorak dan cekreeek…. ☺.
    Tadinya saya berpikir Ilma akan lelah jika sudah lari dengan beberapa potong legonya. Namun saya keliru, dia bahkan meminta permainannya diulang beberapa kali. Hingga dia lancar mencari warna yang sama dengan lego yang ia pegang. Saluuut deeh..
    Alhamdulillah, lari- lari sore ini makin bermanfaat. Selain melatih otot tangan dan kaki, Ilma juga belajar kembali pengelompokan warna, menyebut dan membedakan sendiri jenis warna, koordinasi visual motoriknya juga lebih terasah.
Selamat bermain nak, nikmatilah serunya masa kecilmu..^_^,
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
#Day8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar