Senin, 14 Agustus 2017

Perlunya Management of Time Control

Sumber gambar : https://cdn.brilio.net


          Seorang Ibu ketika memutuskan untuk berkarir di rumah, bukan berarti waktunya hanya habis disibukkan mengurus dapur, kasur, dan sumur saja. Pada kenyataannya, seorang ibu rumah tangga perlu memiliki waktu ataupun tempat untuk mengaktualisasikan diri. Aktualisasi ini dapat berupa menyalurkan hobi, melakukan pekerjaan yang disukai ataupun memiliki waktu pribadi. Bahasa kekinian ala emak-emak disebut me time. 

           Ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan aktualisasi diharapkan tidak terkungkung pada stigma rutinitas yang membosankan. Dia dapat mengidentifikasikan diri pada sesuatu hal yang disenangi tanpa mengabaikan peran utama. 

      Bergabung sebagai anggota Rumbel Menulis IIP Sulawesi adalah salah satu bentuk aktualisasi diri yang saya pilih untuk mengembangkan potensi sebagai ibu rumah tangga. Tentu saja dalam pelaksanaanya membutuhkan waktu khusus, diluar dari aktivitas rutin para ibu. Pembelajaran yang telah kami dapatkan pada perkuliahan di Institut Ibu Profesional memberikan pemahaman bahwa malas-rajin, lambat-cekatannya seorang full time mother, tergantung dari bagaimana dia dapat memanajemen waktu secara profesional.

          Hari ini, kembali Allah swt mengingatkan saya melalui firman-Nya “  Maka, apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. Dan hanya kepada Rabbmulah hendaknya kami berharap.” (Al-Insyirah:7-8).

         Agenda menulis buku antologi bersama Rumbel Menulis IIP Sulawesi sedikit terhambat dari waktu yang telah saya rencanakan sebelumnya, karena penerapan manajemen pengontrolan waktu belum berjalan dengan baik. Meski dengan dalih kondisi yang kurang fit, amanah lain yang juga datangnya bersamaan, agenda keluarga ataupun tugas kantor – sebagai ibu rumah tangga profesional hendaknya mampu menyesuaikan dengan waktu yang telah ia rencanakan sebelumnya. Benarlah adanya, bahwa waktu adalah modal utama bagi ibu rumah tangga. 

#OWOP-2
#RumbelMenulisIIPSulawesi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar