Senin, 24 Juli 2017

Stimulasi Matematika pada Anak (day1)

I Love Math
Materi belajar kelas IIP di penghujung Juli ini adalah menstimulasi matematika logis pada anak. Materi ini cocoknya buat emaknya sih. Karena, sejak jaman SD sampe bangku kuliah selalu tidak pecaya diri dengan pelajaran matematika. Soal nilai? Ga usah ditanya! Wkwkwk….memprihatinkan dong ^^,
#curcol.
Setelah membaca dengan detail materi, ternyata belajar matematika itu menyenangkan sekali. Seandainya guru atau pendidik saya saat itu menerapkan pembelajaran seperti materi di kelas Bunda Sayang IIP. So…saya harus berusaha agar buah hatiku menjadi cinta dan suka sama  pelajaran yang manfaatnya berkorelasi dengan kemampuan menyelesaikan masalah. Terkhusus pada masalah yang membutuhkan matematika sebagai solusinya. Aamiin…
Berhubung usia Ilma masih tiga tahun, jadi stimulasi belajar matematikanya disesuaikan dengan perkembangannya juga.
***
Besar atau Kecil..??


Hari ini kami makan semangka. Ilma suka sekali sama buah berair banyak ini. Saya pun membelah semangka dengan ukuran yang tidak sama besar. Dan menawarkannya kepada Ilma.
Ummi: ”Nak, semangkanya sudah siap. Ummi ada dua semangka. Ilma mau yang mana?”
Ilma: “ Horeeee…..makaaaaaasiiih Ummi”
Ummi: “ Tapi Ilma pilih yah? Yang ini (menyodorkan tangan kanan) atau yang ini (menyodorkan tangan kiri). Ilma tau bedanya? (sambil mensejajarkan kedua semangka di depan Ilma)
Ilma: “ Waaah, ada besar sama kecil, Mi…”
Ummi: “ Betuuul….mau yang mana? Semangka besar atau kecil?”
Ilma: (belum selesai Ummi bicara) “ Yang besar…” (tangannya sudah memegang semangka tadi)
Ummi : ” Dihabiskan yah, baca Bismillah….”
***
Mengenalkan konsep perbandingan BESAR dan KECIL bisa dimulai dari hal-hal sederhana.  Orang tua tidak harus mendesain secara formal aktivitas belajar anak. Apalagi kalau usianya masih dibawah lima tahun. Yah, mereka belajar dari bermain. Tugas orang tua, bagaimana mengemas permainan tersebut menjadi bermakna bagi anak.
#Tantangan10hari
#level6
#KelasBunsayIip
#IloveMath
#MathAroundUs
#day1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar