Jumat, 07 April 2017

Day9 Family Project "Merawat Ummi"

Merawat Ummi


Alhamdulillah alaa kulli hal..
Tiga hari ini saya kurang sehat, badan terasa ngilu semua. Radang tenggorokan disertai batuk berdahak, menyebabkan saya lemas tak berdaya.

Tinggallah Ilma sendiri. Air mukanya tampak khawatir menatap Umminya yang tak berhenti batuk sejak berbaring disampingnya.

Menuntaskan target family project ini menjadi tertuda. Yah, tubuh ini menuntut haknya tuk istirahat sejenak.

Saya jadi berpikir, kenapa tidak memanfaatkan momen "sakit" saya tuk melatih kepekaan dan kepedulian Ilma?

 Jika dilihat dari ekspresinya, sepertinya dia sudah bisa membedakan kondisi saya sehat dengan tidak. Bahkan ia menawarkan "ummi mau dipijitkah??". Ah, sy jd terharu...

Jd pelan2 saya ceritakan ke Ilma tentang kondisi saya, meminta maaf karena belum bisa bermain lama-lama, serta meminta tolong untuk diambilkan beberapa keperluan saya.

Alhamdulillah, Ilma belajar dgn cepat..
Dia mampu merespon dengan baik berbagai instruksi dan permintaan saya,
Termasuk ketika ia sy minta ke WC tuk pipis sendiri. Kami memang baru memulai latihan toilet training Ilma (hehehe,tantangan level 2 kemarin sdh ga terkejar karena saya baru balik ibadah umroh) 😂

Membekali anak dengan life skill training memang sangatlah penting. Kemandirian mereka akan tampak jika orang tua sedang tidak bersama mereka atau sedang berada dlm kondisi yang menyebabkan orang tua tak dpt mengurus mereka langsung. Misalnya sakit yang saya rasakan sekarang.

Melatih life skill training anak usia dua tahunan cukup dimulai dengan aktivitas-aktivitas sederhana yang memang berhubungan langsung dgn kondisi dirinya. Misalnya: memakai pakaian sendiri, toilet traning, menuang air dalam gelas/ dispenser, makan sendiri, dan sebagainya.

Karena tidak selamanya kita ada membersamai mereka. Maka tugas orang tua selain mencintai,mendidik dan memenuhi kebutuhan mereka adalah mempersiapkan anak-anak mereka menjadi manusia tangguh, mandiri, dan bermanfaat.

Sehat selalu nak Ilma, barakallahu fiik..


#day9
#familyproject
#myfamilymyteam
#kelasbunsayiip

2 komentar:

  1. pintarnyaaa kakak iLma ...
    siapa dulu dong ummi nya ya heheh

    BalasHapus
  2. Makasih momi ZAM...Ilma lg belajar ini mw jadi kakak,hehe...

    BalasHapus