Minggu, 26 Maret 2017

Day2 Family Project “ Sortir Mainan dan Buku ” (bagian 2)



            Bismillah, ACTION pun dimulai…

            Meski terkadang merasa sudah biasa dengan rumah yang berantakan karena sebaran mainan buku dimana-mana. Tetapi kesepakatan dari family forum harus terlaksana., karena manfaat yang besar sudah menanti. Saatnya berubah!!! (semangaaat full pakai ikat kepala,hehe…)

            Action pertama kami mulai dengan menyiapkan wadah sebanyak-banyaknya untuk mensortir dan mengelompokkan mainan serta buku-buku Ilma. Tadi malam sempat nanya ke pak suami. “Wadahnya bagaimana bi? Harus beli nih kayaknya..??” nyengir…. Sambil senyum dibalas “ kenapa mesti dibeli kalau bisa buat sendiri”. “Jiaaahhh….makiin rempong dong” kataku dalam hati (hihihihi….bilang aja males mak) 

            Pagi ini sambil meyelesaikan standar pagi tugas negara. Saya juga menyempatkan merapikan beberapa kardus bekas susu UHT Ilma yang kemarin2 sengaja disimpan. Entah mau dibuat apa, yang jelas bermanfaat. Kemudian, tiiing….ting….AHA! Terpikirkan, kenapa tidak memanfaatkan kardus bekas itu saja untuk membuat tempat buku dan mainan Ilma. Sederhana, praktis, murmer, dan memanfaatkan barang bekas pastinya. Sambil menunggu tabungan cukup untuk membeli rak buku dan mainan  yang lebih baik, in syaa Allah…
            Langkah selanjutnya adalah membuat tempat buku dan mainan dari kardus bekas tadi. Karena mainan yang membutuhkan wadah tersendiri berukuran kecil jadi satu kardus tadi saya pikir bisa dibagi dua. 

Sumber: Dokumen Pribadi
Ø 
Tema : membuat tempat buku dan mainan
Ø  Alat dan bahan : kardus bekas susu UHT, gunting, cutter
Ø  Cara membuat :
Suber:Dokumen Pribadi
1. Pertama-tama buat garis diagonal pada masing-masing sisi kardus hingga membelah sisi kardus menjadi dua bagian.
2. Potong kardus bekas menjadi dua bagian menggunakan cutter atau gunting.
3. Untuk hasil yang lebih indah, kardus bisa dibungkus dengan kertas kado. (Cuma dirumah stok kertas kado sedang habis, jadi yang saya buat belum sempat dibungkus).
4. Sambil menggunting/ membelah kardus ceritakan ke anak tentang aktivitas yang dilakukan, tujuan pembuatannya, dll. Dengan begitu, anak bisa belajar makna dan tujuan dari aktivitas yang sedang ia lakukan. Meski tugasnya hanya sebatas membantu mengambilkan barang ini itu yang dibutuhkan emaknya.
Ø  Tujuan aktivitas:
1. Mengembangkan aspek kognitif anak, melalui cerita saat membuat tempat buku dari kardus bekas.
2. Mengenalkan benda-benda di sekitar anak, misalnya: gunting, kardus bekas, cutter, dll.
3. Melibatkan anak dalam Home Project. 
   
Sumber: Dokumen Pribadi
                Agenda membuat tempat bukunya done! Namun hari ini belum bisa dilanjutkan ke acara mensortir mainan dan buku.  Karena Ilma yang sudah tidak kondusif untuk dilibatkan,hehe…semoga besok semangat lagi..

#TantanganHari 2
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar