Kamis, 30 Maret 2017

Day3 Family Project "Sortir Mainan & Buku" (3)

Sumber: Foto Pribadi
Agenda hari ke 3 kami lanjutkan dengan mensortir mainan dan buku2.

 "Moment ini lebih banyak melibatkan Ilma. Aktivitas ini kami kemas dalam bentuk permainan, sehingga Ilma melakukaanya dengan semangat dan ceria..."



_ Sortir Mainan_

 Cara bermain:

Sumber: Foto Pribadi
Tugas Ilma adalah memilih dan mengumpulkan mainan lego pipa yang bercampur dengan mainan lainnya.Lego yang ia kumpulkan, Ummi arahkan untuk dimasukkan ke dalam wadah yang telah kami buat bersama sebelumnya. Satu wadah khusus untuk menyimpan lego, wadah lainnya untuk menyimpan mainan kecil lainnya seperti animal figure, tutup botol, balon, dll. Dengan semangat Ilma mengumpulkan kemudian memisahkan mainan tersebut.



Sumber: Foto Pribadi



Sumber: Foto Pribadi



Sumber: Foto Pribadi

_ Sortir Buku_

Sama halnya dengan sortir mainan, penyimpanan buku juga menggunakan wadah dari kardus susu bekas.Tugas Ilma disini adalah memasukkan buku yang ukurannya lebih kecil pada wadah kecil, begitu juga dengan buku-buku yang ukurannya lebih besar. Ilma masukkan pada kardus yang ukurannya lebih besar.

Sumber: Foto Pribadi

_Tujuan Aktivitas_
1. Mengembangkan aspek kognitif anak, dimana Ilma dapat mempelajari konsep besar kecil dalam memisahkan buku, pengenalan konsep warna dalam pengelompokan lego pipa, recall berbagai jenis binatang saat mengumpulkan animal figure, dan aktivitas sortir itu sendiri (Ilma belejar memishkan benda di tempat yang berbeda)
2. Stimulasi visual  motorik, saat Illma memilih mainan dalam keranjang besar yang bercampur dengan berbagai jenis mainannya.Kemudian meletakkannya pada wadah yang sudah disiapkan.

Sumber: Foto Pribadi

Sumber: Foto Pribadi

_ Evaluasi Family Proyek_

Pada dasarnya, Ilma tampak senang dalam melaksanakan aktivitas ini. Terlihat dari antusiasme dia dalam mengelompokkan mainan tersebut. Meski terkadang merasa cepat bosan (mungkin faktor usia,hehe...).

Family proyek ini sayangnya masih dilaksanakan oleh kami berdua saja, berhubung Abi ngantor. Semoga proyek kedepannya sudah bisa melibatkan Abi secara langsung.




#TantanganHari 1
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar