Minggu, 26 Maret 2017

Day1 Family Project "Sortir Mainan & Buku"



Home Project Day1 “ Merapikan Mainan dan Buku ” (bagian 1)

            Seperti agenda sebelumnya, kami memulai melaksanakan tantangan sepuluh hari level 3 dengan melaksanakan family forum. Karena usia Ilma yang masih 2,5 tahun dan belum terlibat dalam pengambilan keputusan tentang tema home project, jadilah saya dan suami membahas proyek apa yang benar2 butuh dieksekusi – yang dapat melibatkan Ilma dan tentu saja sesuai dengan usia perkembangan Ilma.

            Sambil ngobrol dengan suami, mata saya juga sambil mengobservasi ruang tengah tempat favorit kami. Pemandangannya tak asing bagi rumah yang memiliki balita. Mainan bertebaran dimana-mana. Mulai dari yang sekecil kelereng sampai sebesar boneka yang bisa dijadikan guling. Untuk hal merapikan mainan, saya termasuk Ibu yang rada obsessive. Rasa-rasanya tak bisa menyelesaikan ajtivitas lainnya kalau mainanan anak bertebaran di sana-sini. Sementara merapikan mainan itupun juga membutuhkan banyak waktu.
            Sebenarnya saya sudah berusaha memahamkan Ilma tuk bisa merapikan mainnanya sendiri, Cuma karena faktor usia dan kesiapan saya yang belum matang tuk melatih kemandirian bermainnya – sehingga Ilma pun belum terlalu merespon dengan baik instruksi yang saya berikan.
            Family forum malam ini mengajak saya mengevaluasi penyebab saya dan Ilma kurang konsisten dengan persoalan merapikan mainan dan buku yang telah dipakai. Salah satu penyebabnya ternyata karena kami orang tuanya belum maksimal menyediakan tempat atau wadah khusus untuk menampung mainan-mainan tersebut. Kondisi saat ini di rumah kami adalah semua mainan dan buku Ilma masih sering bercampur dan tersimpan di tempat yang sama. Terkadang kalau saya atau suami sudah lelah dengan aktivitas lainnya,maka kami merapikan mainan tersebut seadanya saja. Langsung menyimpan di kotak yang paling dekat dari kami, tanpa disortir sebelumnya. Sehingga, mainan2 pun bercampur dan tampak berantakan. Kondisi tersebut berimbas pada mood saya dalam merencanakan agenda bermain Ilma. Terkadang tidak berjalan sesuai kurikulum yang telah saya buat per pekannya, karena rasa malas mencari mainannya yang sesuai dan mendukung tema pekan itu.  
Sumber: Foto Pribadi
            Jadi kesepakatan saya dengan suami, memulai tantangan level 3 ini dengan "Proyek Marapikan Mainan dan Buku". Disesuaikan dengan usai Ilma, dia juga kami libatkan dalam tahapan-tahapan pelaksanaan proyeknya. Meskipun pemimpin proyek ini masih di handle oleh Umminya dan Abi sebagai asisten bersama-sama mendampingi Ilma dalam memberi pemahaman dan contoh dalam pelaksanaan proyek nanti.

            Semoga dimudahkan yaaak….doakan kami yaaak!! (ala2  Takeshi Castle ^^,)

#TantanganHari 1
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar