Sabtu, 11 Maret 2017

Belajar Mengenakan Pakaian Sendiri



Hari 4 “ Tantangan Kemandirian Anak”

Belajar Mengenakan Pakaian Sendiri 





“Seorang anak bisa berpakaian sendiri merupakan tonggak psikologis dan emosional yang penting” kata Sharon, Massachutes, Karen Ruskin,Psy.D yang dilansir oleh Liputan6.com. 

Maka tugas kita sebagai orang tua adalah memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya kepada anak untuk belajar mandiri, meski dengan pembelajaran yang tampak sangat sederhana. Rasa percaya diri yang dibentuk kepada anak secara tidak langsung akan mempengaruhi harga dirinya secara positif.

Tantangan kelas bunda sayang IIP saya lanjutkan dengan melatih Ilma untuk belajar mengenakan pakaiannya sendiri. Yah, masih seputar life skill training. Sederhana dan berkaitan langsung dengan rutinas yang ia lakukan sehari-hari bahkan setiap saat.

  •   Alat dan bahan : Pakaian untuk dipakai sendiri
  • Cara bermain     :
1.       Siapkan baju dan celana untuk dipakai anak berlatih .
2.       Berikan instruksi sederhana kepada anak untuk memulai mengenakan pakaiannya.
3.       Sambil anak berusaha pakaian, bunda bisa bercerita tentang adab-adab berpakaian. Misalnya baca basmalah atau doa berpakaian, memulai dengan tangan kanan, dll.
4.       Bisa juga bercerita atau mengomentari pakaian yang sedang ia gunakan. Manfaatnya, warnanya, gambarnya, dan informasi lainnya yang tentu saja disesuaikan dengan daya tangkap anak.
5.       Bunda harus bisa bersabar untuk tidak greget mau membantu anak menyelesaikan tugasnya, hehehe…
  • Manfaat :
  1. Stimulasi motorik kasar, melalui aktivitas berpakaian anak akan mengangkat tangan dan kakinya untuk dimasukkan pada lubang pakaian (baju dan celana)
  2. Stimulasi motorik halus, ketika anak belajar memasang kanci baju, menarik resleting, membuka dan mengikat tali sepatu atau gesper sepatu.
  3. Mengembangkan kognitif anak, dimana mereka belajar melalui penjelasan sederhana yang anda berikan. Misalnya urutan cara memakai baju atau celana, manfaat pakaiannya, dan warna-warni pakaian yang sempat diamati anak.
Karena latihannya baru dimulai hari ini, maka Ilma pun memulainya dengan antusias.Meski saat memasang celana, Ilma masih susah membedakan antara lubang yang kanan dan kiri. Begitu juga saat belajar memakai baju, Ilma maunya pakai baju Abi. Yoowweeesss nak…yang penting kamu belajar dan senang melakukannya.

#Level2
#KuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar