Senin, 14 November 2016

Nice Homework #4



MENDIDIK DENGAN FITRAH
Nice Homework #4
#tienasmara_NHW#4

Jurusan di Universitas Kehidupan
          Setelah membaca dan merenungi apa yang telah saya tuliskan pada nice homework pertama, saya semakin semangat dan berusaha teguh pendirian terhadap pilihan tersebut. Jujur, saya sudah mulai memutuskan dan mulai meniti perjalanan pilihan jurusan psikologi pendidikan dan perkembangan anak sebelum mengikuti program matrikulasi ini. Sehingga materi demi materi yang diberikan pada program matrikulasi semakin mengokohkan langkah dalam realisasi pemilihan jurusan.
Istiqomah..
            Begitupula dengan amanah pada nice homework dua. Checklist yang telah disusun menjadi alarm tersendiri bagi saya dalam menjalani peran sebagai manajer keluarga. Meski dalam pelaksanaannya belum sempurna, namun janji pada diri telah dituliskan. Sehingga berupaya untuk istiqomah terhadap target pencapaian yang telah disusun.
Maksud dibalik penciptaan
          Telah kita pahami bersama bahwa beribadah kepada Allah swt merupakan tujuan dari penciptaan kita. Sehingga apapun bentuk amal perbuatan itu dilakukan dengan kesadaran bahwa Allah selalu berada bersama kita dan selalu mengawasi gerak-gerik kita. Kesadaran ini yang kemudian akan menuntun dalam merealisasikan misi penciptaan saya sebagai rahmatan lil alamin.
            Pemaparan sebelumnya pada nice homework tiga – Allah memberikan kemampuan berkomunikasi kepada saya. Saya juga senang mengajar. Sehingga berbagi dan menginspirasi adalah hal yang sangat membahagiakan. Yang membuat mata saya berbinar jika membahas masalah psikologi pendidikan dan perkembangan anak. Saya selalu abhagia apabila bisa terlibat secara langsung dalam kegiatan dengan tema itu. Baik sebagai panitia, peserta, ataupun sebagai pembicara.
·         Misi Hidup : Menjadi inspirasi bagi perempuan disekitar dan mengajaknya mereka untuk berpartisipasi aktif dalam pendidikan dan perkembangan anak-anaknya.
·         Bidang : pendidikan dan psikologi perkembangan anak.
·         Peran : inspirator

Mengembangkan Ilmu
          Untuk merealisasikan mimpi- mimpi tersebut, maka diperlukan ilmu yang dapat menunjang proses pencapaiannya.
1.     Psikologi Perkembangan Anak: berupa teori-teori perkembangan anak yang sesuai dengan milestone perkembangan anak.
2.    Ilmu dasar pendidikan : berupa teori pendidikan yang berhubungan dengan psikologi perkembangan anak di sekolah.
Adapun milestone untuk misi hidup tersebut adalah saya menetapkan KM 0 pada usia 23 tahun, masa dimana saya mulai fokus mempelajari ilmu dasar pendidikan. Tidak hanya belajar teori, saya pun mulai terjun langsung ke lapangan dengan menjadi pendamping sekolah, guru kelas, melatih guru-guru di sekolah mengenai aktivitas pembelajaran dan materi psikologi perkembangan anak. Keseluruhan aktivitas tersebut berusaha saya geluti hingga usia 26 tahun. Berikut penjabaran milestone yang telah saya tetapkan yaitu:
KM 0 – KM 1 (usia 23-26 tahun) : mempelajari teori dasar pendidikan dan aplikasinya di sekolah dasar
KM 1 – KM 2 (usia 26 – 28 tahun) : menambah pengetahuan spesialisasi pendidikan anak usia dini melalui jalur program magister pendidikan.
KM 2 – KM 3 (usia 28 – 29 tahun) :menguasai ilmu seputar bunda sayang dan bunda cekatan
KM 3 KM 4 (usia 30 – 31 tahun): menguasai ilmu bunda produktif dan bunda shalehah.

_Semoga Bermanfaat__

Tidak ada komentar:

Posting Komentar